TUHANLAH KEKUATANKU

Mazmur 28:8
“TUHAN adalah kekuatan umat-Nya dan benteng keselamatan bagi orang yang diurapi-Nya!“



Ziklag adalah tempat pengungsian Daud bersama dengan seluruh keluarganya dan keluarga tentara-tentaranya.  Ketika Daud dan bala tentaranya sedang berada tiga hari jaraknya dari Ziklag, gerombolan orang Amalek menyerbu dan menjarah Ziklag, mereka membakar seluruh rumah tinggal Daud dan tentara-tentaranya, serta menawan seluruh keluarga mereka.Mendapati kenyataan tersebut, maka Daud beserta seluruh tentaranya patah semangat (I Samuel 30:4), mereka menangis dan tenggelam dalam kesedihan mendalam. Situasi kemudian menjadi sangat emosional, karena dalam kesedihannya mereka mulai mencari siapa yang salah dan siapa yang benar. Daud menjadi sangat terjepit, karena seluruh tentaranya berbalik menyalahkan dan melawan dia. Menghadapi keadaan yang menekan itu, sangat menarik bahwa Daud kemudian MENGUATKAN KEPERCAYAANNYA KEPADA TUHAN (1 Samuel 30:5).

1 Samuel 30:3-6
3)Ketika Daud dan orang-orangnya sampai ke kota itu, tampaklah kota itu terbakar habis, dan isteri mereka serta anak mereka yang laki-laki dan perempuan telah ditawan.
4) Lalu menangislah Daud dan rakyat yang bersama-sama dengan dia itu dengan nyaring, sampai mereka tidak kuat lagi menangis.
5) Juga kedua isteri Daud ditawan, yakni Ahinoam, perempuan Yizreel, dan Abigail, bekas isteri Nabal, orang Karmel itu.
6) Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.

Kemudian Daud mencari hadirat Tuhan dan bertanya kepada-Nya tentang apa yang harus dilakukan. Di  dalam hadirat Tuhan itulah Daud mendapatkan semangat dan pengharapan kembali, serta petunjuk untuk menentukan apa yang dapat dia lakukan. Kisah ini berakhir dengan kemenangan. Daud berhasil menyusul gerombolan itu dan mengalahkan mereka, serta membebaskan keluarga mereka yang ditawan bahkan Daud pulang dengan membawa jarahan.

1 Samuel 30:18-20
Daud melepaskan semua apa yang dirampas oleh orang Amalek itu; juga kedua isterinya dapat dilepaskan  Daud. Tidak ada yang hilang pada mereka, dari hal yang kecil sampai hal yang besar, sampai anak laki-laki dan anak perempuan, dan dari jarahan sampai segala sesuatu yang telah dirampas mereka; semuanya itu dibawa Daud kembali. Daud mengambil segala kambing domba dan lembu; semuanya itu digiring mereka di hadapannya, serta berkata: “Inilah jarahan Daud.”

Inilah yang disebut sebagai TUHAN KEKUATAN UMATNYA.
Dalam hadirat-Nya, alamilah kekuatan Tuhan. Di dalam Tuhan selalu ada pengharapan dan selalu ada jalan  keluar, sebab di saat tidak ada jalan maka Tuhan sanggup membuat jalan.

Doa
Engkaulah kekuatan dan sumber kemenangan kami. Buat kami tidak pernah melupakan pertolonganMu ya Tuhan karena itu adalah sumber kekuatan kami. Dalam nama Yesus. Amin

Related Posts:

0 Response to "TUHANLAH KEKUATANKU"

Posting Komentar